IMG-LOGO
Info UMKM

Info UMKM

Create By Admin 03 December 2021 150 Views
IMG

a.    Usaha Industri

Dari tabel diatas menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat di desa Pucang bekerja di sektor industri rumah tangga, terutama industri kerajinan baik sebagai pengusaha maupun sebagai pekerja/ buruh industri, dan pemasar hasil industri tersebut.

Ditinjau dari keahlian para pengrajin , industri ini dapat dibedakan menjadi tiga yaitu :

1.  Jenis kerajinan tanduk dan tulang biasanya dikerjakan oleh masyarakat asli Pucang terutama dukuhan Karang Kulon dan Pojok. Hasil yang diperoleh barang –barang seni dan alat kesehatan . Barang ini diolah dan dipasarkan sendiri keluar kota terutama tempat - tempat tujuan wisata seperti Yogyakarta, Banyumas, Semarang sampai ke Bali

2.  Kerajinan kayu jenis kayu yang dipakai antara lain sawo, puspo, sono keling , pinus,Mahonihasil yang dikerjakan adalah alat rumah tangga dikerjakan oleh sebagian masyarakat desa pucang dan desa lain disekitar pucang

3. Kerajinan kayu limbah dan tempurung biasa dikerjakan oleh masyarakat Pucang Gunung, Kauman dan Juga Prayan dan Hasil yang diproduksi adalah alat rumah tangga souvenir.


b.    Usaha Pertanian

Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa sektor pertanian menduduki posisi kedua. Ditinjau dari jenis komoditas yang diusahakan, Pola usaha tani yang ada didaerah Pucang dibedakan menjadi tiga, yaitu komoditas pertanian seperti padi, jagung dan cabai, komoditas kedua adalah kehutanan seperti Jati, sengon, mahoni dan bambu, kelompok ketiga adalah komoditas perkebunan seperti kelapa, salak, rambutan, kopi dan kapulogo.

Jenis komoditas Kehutanan yang paling banyak ditanam adalah Mahoni (Swietenia mahagoni) dan sengon laut (parasieranthes falcataria), sebagian kecil ada yang menanam pohon jati. Sedangkan komoditas perkebunan yang paling banyak ditanam adalah kelapa (Cocos nucifera ),  kopi, rambutan dan salak pondoh.

Jenis komoditas pertanian yang ada di Desa Pucang terdiri dari jagung (Zeimays indurate), Lombok, ubi rambat, ubi kayu (Manihot utilissima), dan sebagian besar adalah tanaman padi dan ketela pohon. Ketiga komoditas pertanian tersebut ditanam pada lahan yang berbeda karena lahan yang ada berupa lahan basah dan tanah kering atau petegalan.

c.    Peternakan

Selain bekerja sebagai petani, buruh industri kecil ada juga yang memelihara ternak. Pilihan pemeliharaan ternakditujukan sebagai tabungan hidup. Pakan ternak sangat mudah didapat. Jenis ternak yang di pelihara adalah kerbau, sapi, kambing, ayam, kelinci dan lain sebagainya.

Pemeliharaan ternak olehpara petani sifatnya hanya merupakan pekerjaan sambilan bukan sebagai pekerjaan pokok. Keterbatasan pemilikan lahan juga mempengaruhi cara pemeliharaan ternak.

Jumlah populasi ternak dapat dilihat pada tabel berikut :

 

No

 

Kepemilikan Ternak

 

Jumlah

 

1

Sapi

5

2

Kerbau

4

3

Kambing/Domba

25

4

Ayam Kampung

2.100

5

Kelinci

51

6

Itik

320



96,8 FM Radio Gemilang

Konten Populer - Info UMKM

Artikel Lainya