IMG-LOGO

Sejak Lama Produk Kerajinan Tanduk Sapi Magelang Telah Diekspor ke Eropa

Create By 30 November 2021 88 Views

Hampir sebagian masyarakat di Desa Pucang, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, adalah perajin tanduk sapi dan kerbau. Ribuan hasil kerajinan tanduk itu telah dipasarkan ke berbagai daerah, bahkan mancanegara. Tidak heran jika desa yang terletak sekitar 3 kilometer dari Jalan Utama Magelang-Semarang itu disebut kampung sentra kerajinan tanduk.

Fatkhul Arif, salah satu perajin tanduk Desa Pucang, menceritakan konon warga di desa ini sudah mulai menjadi perajin tanduk sejak masa Pangeran Diponegoro ratusan tahun silam. Entah siapa yang memulai menjadi perajin. Pada 1980-an bahkan hasil kerajinannya sudah sampai ke Perancis dan Belanda.

Aris, panggilan Fatkhul Arif, tidak pernah belajar secara formal untuk bisa menjadi perajin tanduk. Keahliannya itu diperoleh dari hasil belajar dari orang tua dan orang-orang di sekitarnya. Ia juga otodidak memelajari seni mengolah tanduk melalui buku maupun internet. "Dari kecil kami sudah terbiasa melihat orang tua kami mengolah tanduk, dari situ kami belajar sampai sekarang," kata Aris, akhir pekan lalu.